ALIBI.id [21/9/2023] – Kebutuhan masyarakat terhadap transaksi keuangan terus meningkat. Namun, jarak ke bank atau ATM masih menjadi faktor penghambat untuk bertransaksi. Mengatasi masalah tersebut, Bank Aceh sejak Maret 2023 lalu telah meluncurkan ActionLink.
“Layanan ActionLink ini bertujuan memberikan kemudahan bagi seluruh nasabah dan masyarakat untuk mendapatkan layanan perbankan dengan mudah dan cepat,” kata Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Aceh, Ali Muhayatsyah, Rabu (13/9/2023).
Disebutnya, ActionLink merupakan perluasan layanan Bank Aceh melalui program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).
Baca juga: Dukung ketahanan pangan, Bank Aceh bantu modal kilang padi di Abdya
Lebih lanjut, Laku Pandai merupakan program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.
Ali Muhayatsyah mengatakan, dalam rangka meningkatkan inklusi keuangan Bank Aceh terus menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak untuk menjadi agen ActionLink, baik secara perorangan maupun perusahaan.
Agen ActionLink merupakan pihak yang bekerja sama dengan Bank Aceh yang menjadi kepanjangan tangan bank untuk menyediakan layanan perbankan kepada masyarakat dalam rangka keuangan inklusif.
Dijelaskan, layanan yang dihadirkan tersebut merupakan layanan Bank Aceh melalui kerja sama dengan pihak lain (Agen Bank Aceh) yang dapat melakukan transaksi seperti pembukaan rekening tabungan BSA (Basic Saving Account), transfer antar rekening maupun antar bank, tarik tunai, setor tunai, pembayaran tagihan listrik, pulsa, pembelian token listrik, pulsa serta pembelian lainnya.
Baca juga: Bank Aceh dukung edukasi dan inklusi keuangan melalui program Jaksa Masuk Dayah
“Syarat untuk menjadi agen ActionLink cukup mudah. Benefit yang diberikan juga memberikan penghasilan tambahan bagi masyarakat yang ingin menjadi agen,” ujar Ali.
Adapun syarat utama untuk menjadi agen ActionLink adalah bertempat tinggal di wilayah yang terdapat jaringan kantor Bank Aceh. Selanjutnya memiliki kemampuan, reputasi, kredibilitas dan integritas yang baik, memiliki sumber penghasilan utama berasal dari kegiatan usaha dan atau kegiatan tetap lainnya minimal dua tahun.
Syarat berikutnya yaitu belum menjadi agen dari bank penyelenggara Laku Pandai lainnya, lulus uji tuntas oleh Bank Aceh dan wajib mengisi formulir dan surat pernyataan yang ditentukan oleh Bank Aceh.
“Untuk menjadi agen ActionLink bisa langsung mengajukan permohonan ke Kantor Bank Aceh terdekat,” ujarnya.
Baca juga: Berpredikat sangat bagus, Bank Aceh raih penghargaan Infobank Award 2023
Sementara syarat administrasi, untuk agen perorangan cukup dengan fotokopi KTP, fotokopi bukti kepemilikan rekening Bank Aceh, surat keterangan usaha dari kepala desa, surat keterangan domisili dari kepala desa (apabila tempat tinggal tidak sesuai), fotokopi NPWP.
Sementara untuk agen berbadan hukum, syarat menjadi agen ActionLink adalah fotokopi KTP, SIUP, SITU, TDP, Nomor Induk Berusaha (NIB), bukti kepemilikan rekening Bank Aceh, akte pendirian, daftar susunan pengurus terakhir sesuai dengan anggaran dasar, dan fotokopi NPWP.
“Setiap agen ActionLink akan mendapatkan fee (keuntungan) yang menarik dalam setiap transaksi. Karena itu, masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan pendapatan dengan syarat yang minimum,” pungkas Muhayatsyah.