Festival kuliner Aceh Timur kembali digelar, catat tanggalnya!

ALIBI.id [25/8/2022] – Dalam rangka mempromosikan wisata kuliner, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh kembali menggelar Festival Kuliner Aceh Timur, pada Sabtu, (27/8/2022).

Event itu digelar di Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, Idi. Dalam festival ini diwarnai dengan lomba memasak antar PKK Kecamatan, pentas seni dan budaya, hingga demo memasak dengan menghadirkan chef nasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal menyampaikan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, serta upaya memperkenalkan keragaman kuliner di pesisir Timur Aceh.

Lewat kegiatan itu diharapkan ragam kuliner yang dimiliki Aceh Timur dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat.

Sehingga menjadi daya tarik wisata, serta mampu membangkitkan UMKM lokal, dengan tujuan akhirnya mampu menurunkan angka kemiskinan.

“Sebagai daerah yang kaya akan kuliner, setiap daerah di Aceh memiliki ciri khas tersendiri dalam hal kuliner. Bahkan, kuliner Aceh yang dikenal dengan cita rasa yang lezat, menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan,” kata Almuniza Kamal, Kamis (25/8/2022).

Untuk itu kegiatan ini bisa jadi pendongkrak ekonomi daerah dengan pemberdayaan pelaku UMKM yang bergerak di sektor kuliner. Apalagi event ini menjadi kesempatan bagi UMKM untuk memperkenalkan produknya kepada para pengunjung.

Almuniza menegaskan, bahwa Disbudpar Aceh serius dalam mengembangkan potensi kuliner yang ada di seluruh Aceh lewat event yang tidak hanya fokus di ibu kota Provinsi Aceh.

Sementara itu, Kepala Bidang Sejarah Dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Evi Mayasari mengatakan, lewat festival ini, Disbudpar Aceh ingin mengajak semua pihak untuk melestarikan dan merawat warisan kuliner.

Lewat lomba masak di festival, diharapkan menjadi ajang terus berkreasi dan mengembangkan kuliner lokal serta menampilkan kuliner-kuliner khas daerah yang kaya akan rempah tersebut.

“Kuliner menjadi salah satu daya Aceh para wisatawan untuk berkunjung. Nah Aceh yang memiliki ragam kuliner yang lezat, harus gencar mempromosikan supaya dapat dikenal luas,” ucapnya.

Festival Kuliner Aceh Timur diselenggarakan dalam dua tahap di dua kota, sebelumnya pada 9-10 Agustus 2022 digelar di Museum Rumoh Aceh, Peureulak, Aceh Timur. Sementara pekan ini akan digelar di Kota Idi, Aceh Timur.

Rangkaian kegiatan akan diisi dengan penampilan seni budaya lokal, seperti tari adat melaot, meusare-sare, hingga ratoh jaroe. Bahkan panggung utama akan menghasilkan penyanyi kenamaan di Aceh, Lailissa’dah dan Joel Pasee.

Sementara untuk lomba memasak, akan diikuti oleh 24 kelompok yang merupakan PKK Kecamatan se-Aceh Timur. Mereka akan ditantang untuk mengolah ikan bandeng dan pisang sale, sebagai produk khas Aceh Timur.

Next Post